RSS

Resume Pertemuan 7 & 8


* E-business & E-commerce *




1.      E-Business merupakan kegiatan perusahaan berbasis media elektronik (internet).
·         Mengkomunikasikan kegiatan internal organisasi
·         Mengkomunikasikan kegiatan eksternal organisasi

2.      E-commerce : Lebih ke jual-beli melalui internet dan transaksi di internet (dengan pemotongan saldo).

3.      Perbedaan E-Business & E-commerce
·         E-Business 
a.       Buying and selling electronically 
b.      Electronic procrement
c.       Electronic distribution
d.      Online customer service
e.       Elektronic marketing
f.       Secure transactions
g.      Automation of processes
h.      Electronic collaboration

·         E-commerce
a.       Sell-side e-commerce
b.      Buy-side e-commerce

·         E-Businnes Market
a.       B2B : e-procurement, e-distribution, e-marketing
b.      B2C : e-shops, e-malls, portaling, infomediarries
c.       C2C : virtual community, e-auction


-          E- shops : Website yang dirancang untuk mempromosikan :
1.      Perusahaan
2.      Produk dan layanan yang di jual

-          E- malls : Website yang mengumpulkan dan mengklompokkan beberapa e- shops ke dalam kategori sejenis. Contoh : shooping.com

-          E- auction : Website pelelangan barang. Contoh : eutilia.com, onsale.com 
-          E- procurement : Website yang menyediakan mekanisme terkait pengadaan barang (raw material) yang berhubungan dengan instansi pemerintahan

-          Portaling
 -          Infomediaries : Website yang menjual informasi, seperti hasil analisa pasar, membandingkan brand, layanan dan kualitas teknologi.


4.      E- commerce Tehnology
a.       Internet
b.      Mobile technologies
c.       Web architecture
d.      Component programming
e.       Data exchange
f.       Multimedia
g.      Search engines
h.      Data mining
i.        Intelligent agents
j.        Acces security
k.      Crytographic security
l.        Payment sysrems

5.      Keuntungan Penerapan E-commerce
·         Meningkatkan penjualan
-          Dapat menjangkau daerah-daerah terpencil
-          Bisa menciptakan komunikasi virtual

·         Mengurangi biaya
-          Tinggal duduk diam menunggu pesanan
-          Being in the space





* DEVELOPING BUSINESS  / IT SOLUTIONS *

Langkah awal dalam mengembangkan bisnis dan solusi teknologi informasi perusahaan perlu beberapa tahapan, pertama adalah pendekatan sistem.
1.      Ada beberapa pendekatan sistem :
·   Teknik pemecahan masalah yang menggunakan sistem orientasi untuk mendefinisikan masalah dan peluang pengembangan solusi yang tepat dan layak. 
·         Menganalisis masalah & merumuskan solusi melibatkan kegiatan yang saling terkait :
1.      Mengenali dan mendefinisikan masalah atau peluang menggunakan sistem berpikir.
2.      Mengembangkan dan mengevaluasi solusi alternatif sistem.
3.      Pilih solusi sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan.
4.      Desain solusi sistem yang dipilih.
5.      Melaksanakan dan mengevaluasi keberhasilan sistem yang dirancang.

2.      Sistem informasi perencanaan dan penyelarasan perusahaan
·   Sistem informasi plainning: menerjemahkan tujuan strategis dan organisasi ke dalam inisiatif pengembangan sistem.
·         Menyelaraskan tujuan organisasi dan tujuan Sistem Informasi.
·         Mengembangkan keunggulan kompetitif.
  -          Kreatif Analisis   : Pendekatan baru untuk masalah yang ada.
  -          Kritis Analisis     : Pertanyaan tentang unsur-unsur sistem.


3.      Tujuan pengembangan sistem
·     Tujuan keseluruhan dari pengembangan sistem adalah mencapai tujuan bisnis, bukan tujuan teknis.
·  Misi - sistem kritis: memainkan peran penting dalam organisasi terus operasi dan pencapaian tujuan.
·  Faktor penentu keberhasilan (CSFs): faktor penting untuk keberhasilan suatu area fungsional organisasi.


4.      Sasaran Kinerja
·         Kualitas output atau kegunaan
·         Akurasi output
·         Format output kualitas atau kegunaan
·         Kecepatan di mana output yang dihasilkan
·         Skalabilitas sistem yang dihasilkan


5.      Tujuan Biaya
·         Biaya pengembangan
·         Biaya keunikan aplikasi sistem
·         Investasi tetap di hardware dan peralatan terkait
·         Untuk pergi biaya operasi



6.      Sistem Analisis dan Desain (SA & D)
·         Proses keseluruhan dimana SI dirancang dan dilaksanakan dalam organisasi.
·         Berorientasi objek analisis dan desain.
·         pengembangan Sistem siklus hidup.


7.      Studi Kelayakan Sistem
Setelah melakukan pendekatan sistem dan penyelarasan, tahap selanjutnya adalah Studi kelayakan yang nantinya akan menentukan apakah sistem tersebut layak di pakai atau tidak.
Macam-macam studi kelayakan :
·         Kelayakan operasional
·         Ekonomi
·         Teknis
·         Faktor manusia
·         Hukum politik


8.      Teknis Kelayakan
Tentukan apakah hardware dan software mampu memenuhi kebutuhan dari sistem yang diusulkan dapat diperoleh atau dikembangkan oleh usaha di waktu yang diperlukan, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan.
a.       Faktor manusia
·         Menilai:
-          Karyawan, pelanggan, pemasok dan penerimaan.
-          Dukungan manajemen.
-          Orang yang tepat untuk peran baru atau revisi berbagai.

b.      Hukum / politik kelayakan.
·         Menilai
-          Pelanggaran paten atau hak cipta
-          Perangkat lunak lisensi
-          Pembatasan pemerintah
-          Perubahan struktur pelaporan

9.      Analisis Organisasi
1.      Mempelajari organisasi termasuk
·         Struktur manajemen
·         Orang
·         Kegiatan usaha
·         Sistem lingkungan
·       Sistem informasi saat ini : Masukkan dokumen,  pemrosesan,  output,  penyimpanan dan kontrol
2.      Pembangunan model logis dari sistem saat ini


10.  Persyaratan dan penentuan analisis fungsional
·         Menentukan informasi bisnis yang spesifik membutuhkan
-          Membutuhkan informasi di setiap kegiatan.
-          Menentukan informasi yang memproses setiap aktivitas sistem.
·         Persyaratan Fungsional
-          Kebutuhan informasi pengguna yang tidak terikat pada perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, data, dan orang-orang sumber daya yang pengguna akhir saat menggunakan atau mungkin digunakan dalam sistem baru.
-          Tugas dari sistem
-          Kategori persyaratan fungsional : antarmuka pengguna, pengolahan, penyimpanan, mengedalikan.

11.  Prototyping
·       Dapat digunakan untuk sistem kecil dan besar (tapi jika sistem besar, biasanya prototipe hanya bagian).
·         Berkembang dengan cepat.
·         Memperbaiki sampai diterima.


* Referensi : Buku catatan KSI






0 komentar:

Posting Komentar