1. Konsep konsep dasar
Konsep
dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan
peran sistem informasi. Contohnya meliputi konsep sistem informasi dasar yang berasal
dari teori sistem umum, atau konsep keunggulan kompetitif yang digunakan untuk
mengembangkan aplikasi bisnis teknologi informasi dalam keunggulan kompetitif.
2. Teknologi informasi
Konsep
- konsep utama, pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu meliputi
hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi berbasis
internet.
3. Aplikasi bisnis
Penggunaan
utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif
bisnis.
4. Proses pengembangan
Bagaimana
para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan
mengimplementasikan
sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis.
5. Tantangan manajemen
Tantangan
untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkat pemakai akhir,
perusahaan, dan global dalam bisnis.
Terdapat
3 alasan mendasar untuk semua aplikasi bisnis dalam teknologi informasi yaitu:
1. Mendukung proses dan operasi bisnis.
Contoh:
Kebanyakan toko retail mengunakan CBIS untuk membantu mereka mencatat pembelian
pelanggan, menelusuri persediaan, membayar pegawai, membeli barang dagangan baru, serta
untuk mengevaluasi trend penjualan.
2. Dukungan pengambilan keputusan para pegawai dan
manajernya.
Sistem
informasi juga membantu para manajer toko dan praktisi bisnis lainnya untuk membuat
keputusan yang lebih baik.
3. Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif.
Contohnya
manajemen toko mungkin membuat keputusan untuk memasang kios dengan layar sentuh
dalam semua toko mereka, yang terhubung dengan situs e-commerce untuk belanja online.
Business Information Systems
Teknologi
yang digunakan untuk bisnis :
1.
E-commerce adalah
pembelian dan penjualan, pemasaran dan pelayanan produk, jasa, dan
informasi atas berbagi jenis jaringan komputer. Banyak bisnis saat ini
menggunakan internet, intranet, ekstranet, dan
jaringan lainnya untuk mendukung setiap langkah proses komersial.
~ B2B : Perusahaan
besar dengan perusahaan besar. Contoh
: Android dengan Ponsel.
~ B2C : Perusahaan
dengan Customers.
~ C2C : Antar
Customers.
2.
Enterprise Systems (Transaction
Processing Sytems and Enterprise Resource Plainning)
~ TPS : Langsung
berhubungan dengan konsumen. Contoh
: ATM, Konsumen minimarket dengan kasir, dll.
~ ERP : Sebuah sistem informasi perusahaan yang
dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas
yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap.
Jenis
Jenis Sistem Informasi
Sistem Pendukung Operasi
Sistem Pendukung Operasi
Sistem
informasi selalu dibutuhkan untuk memproses data yang dihasilkan oleh, dan digunakan dalam
operasi bisnis. Sistem pendukung operasi semacam ini menghasilkan berbagai produk
informasi yang paling dapat digunakan oleh para manajer.
1.
Sistem pemrosesan transaksi
Memproses
data yang dihasilkan dari transaksi bisnis. Memperbaharui database operasional,
dan menghasilkan dokumen bisnis.
2.
Sistem Pengendalian proses
Mengawasi
dan mengendalikan berbagai proses industrial.
3.
Sistem kerja sama perusahaan
Mendukung
komunikasi dan kerja sama tim, kelompok kerja dan perusahaan.
Sistem Pendukung
Manajemen
Ketika
aplikasi sistem informasi berfokus pada penyediaan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer, aplikasi sistem tersebut
akan disebut sebagai
Sistem Pendukung Manajemen. Berdasarkan konsep, beberapa jenis utama sistem
informasi mendukung berbagai tanggung jawab pengambilan keputusan:
1.
Sistem Informasi Manajemen
Memberikan
informasi dalam bentuk laporan yang telah ditentukan sebelumnya untuk mendukung
pengambilan keputusan bisnis.
2.
Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System
- DSS)
Memberikan
dukungan interaktif khusus untuk proses pengambilan keputusan para manajer
dan praktisi bisnis lainnya.
3.
Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information
System EIS)
Memberi
informasi penting dari SIM, DSS dan sumber lainnya yang dibentuk sesuai kebutuhan informasi para eksekutif.
Fungsi Sistem
Informasi, yaitu:
- Area fungsional utama dari bisnis yang penting dalam keberhasilan bisnis, seperti fungsi akuntansi, keuangan, manajemen operasional, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia.
- Kontributor penting dalam efisiensi operasional, produktivitas dan moral pegawai, serta layanan dan kepuasan pelanggan.
- Sumber utama informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menyebarluaskan pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer dan praktisi bisnis.
- Bahan yang sangat penting dalam mengembangkan produk dan jasa yang kompetitif, yang memberikan organisasi kelebihan strategis dalam pasar global.
- Peluang berkarier yang dinamis, memuaskan, sarta menantang bagi jutaan pria dan wanita.
- Komponen penting dari sumber daya, infrastruktur, dan kemampuan perusahaan bisnis yang membentuk jaringan.
Komponen
Sistem Informasi
Konsep
sistem dapat membantu memahami:
1.
Teknologi
2.
Aplikasi
3.
Pengembangan
4.
Manajemen
Sumber
Daya Sistem Informasi
Sistem informasi
terdiri dari 5 sumber daya dasar, yaitu:
1.
Manusia
2.
Hardware
3.
Software
4.
Data
5.
Jaringan
0 komentar:
Posting Komentar